Tuesday, January 8, 2019

Perjalanan Dari Bangkok Ke Pattaya

Kali ini gw mau cerita tentang perjalanan gw menuju Pattaya. Setelah sempet keder di Bandara KLIA 1 gara-gara mabok minuman anggur Malindo dan transit di KL sekitar 3,5 jam, akhirnya jam 5.10 gw mendarat di Bandara Don Mueang Bangkok. Karena ngga ada bagasi, gw langsung menuju ke bagian imigrasi yang khusus melayani warga negara anggota ASEAN. Sampai di konter imigrasi, petugas nanya dalam Bahasa Thai (padahal dia udah pegang passport gw) terus gw minta maaf karena ga ngerti cuy, baru dia ngemeng pake Bahasa Inggris, intinya nanya udah isi formulir belum? Gw bilang belum terus disuruh isi dulu deh. Selesai isi balik lagi ke antrian petugas yang tadi, cap cap cap terus dia ngemeng pake Bahasa Thai lagi ke gw (yasudahlah mungkin gw dianggap WN Thailand yang pindah kewarganegaraan kali ya kwkwkwkwkwkwk😂) dan gw tangkep kayaknya gw suruh menghadap ke kamera untuk diambil gambar wajah dan ternyata bener.

Berhubung gw mau naik transportasi bis, selesai dari imigrasi gw keluar bandara di pintu 6. Pas banget keluar bandara, bus A1 (bus dari DMK ke terminal Mochit 2) lewat dan melaju begitu saja, gw udah lari-lari ga kekejar juga. Udah sempet sedih ehh ternyata di belakangnya ada bis A1 lagi 😃. Langsung lah gw naik ke bis itu. Bisnya hampir sama dengan bus Transjakarta. Dengan tarif 30 Baht atau sekitar Rp 13.500 langsung mengantar ke terminal Mochit 2. Jangan khawatir kalo lw ga puinya uang kecil, gw bayar pake 500 Baht ga diomelin kok. 

Oiya, bis ini juga ngelewatin BTS Mochit dan banyak orang turun di sini. Lw harus tetep yakin dengan tujuan lw yaitu ke terminal bis Mochit 2, jangan ikut-ikutan turun. Sedikit sih emang yang mau ke Mochit 2, dari yang tadinya bis penuh bahkan ada yang berdiri, cuma tersisa 3 penumpang termasuk gw. Kalo lw tersisa sendirian, saran gw tunggu aja sampe lw diusir sama petugas bisnya.

Bangkok sore itu macet banget. Gw akhirnya sampe Mochit 2 sekitar jam 6-an. Terminal bisnya gedeeeeeee dan banyak melayani rute ke berbagai tempat termasuk ke negara-negara tetangga Thailand seperti Myanmar, Kamboja dan Laos. Hampir gw beli tiket ke Luang Prabang, untung aja sadar budget gw minimalis kwkkwwkwkwkwk😂. 


Setelah muter-muter dan ga nemu juga loket penjualan bis ke Pattaya, akhirnya gw nanya ke salah satu petugas disana dan dia cuma jawab "in". Yaudah gw masuk ke dalem, dan makin banyaakkk loket penjualan tiket bis. Daripada ngiter-ngiter ga jelas, akhirnya gw nanya ke bagian informasi dan dikasih tau loket bis ke Pattaya nomer 48. Loket no 48 ini kalo lw masuk dari depan, ada di sebelah kanan. Dilayani oleh mbak yang ramah, akhirnya gw dapet tiket bis ke Pattaya seharga 108 Baht atau sekitar berapa ya, ribet ah ngitungnya males😂. 


Di tiket tertera jadwal keberangkatan bis, nomor tempat duduk  dan gate untuk nunggu bis. Gw dapet bis dengan jadwal berangkat jam 19.20 dan disuruh nunggu di gate 78. 


Ikutin aja tanda petunjuknya, tapi kayaknya bakalan nyasar soalnya cuma satu doang penandanya (gw dan beberapa bule soalnya nyasar). Intinya pas lw keluar dari bagian dalam terminal, lw nyebrang terus jalan ke arah kanan. Gate 78 terletak di paling ujung dan udah ngetem bisnya tapi masih gelappp.


Pas nunggu-nunggu di tempat duduk, perut gw mulai kerucukan. Nyesel ga mampir dulu di 7-11 dalem terminal tadi. Eh tapi gw inget makanan dari Malindo belum gw makan. Lumayan keganjel sama kue mevvah 2 biji. Ahhh seandainya ada es anggur Malindo juga. 



Jam 7.15 petugas mulai nyala-nyalain lampu bis terus langsung pada antri deh penumpangnya. Di depan gw ada 2 cewek Indonesia yang syantik dan syeksi lagi dicerocosin sama orang Thai pake bahasa Thai kwkwkwkwkwkwkwk (emang mirip kali ya orang Indonesia sama orang Thailand). Gw sama seorang cewek itu pun lirik-lirikan ketawa kocak. Gw langsung nyari nomor tempat duduk 27 dan duduk dengan nyaman. Sebelah gw cowok Thailand. Menjelang berangkat, dicek lagi sama kondekturnya terus ada seorang bule ditegor karena tempat duduknya ga sesuai sama nomor di tiket. Dia bilang soalnya tempat duduk gw udah ada yang nempatin, gapapa gw duduk di sini aja. Eh ternyata cowok Thailand sebelah gw yang dudukin tempat itu bule (waduh bulenya badannya gedeee dan bawa tas gedeeeee banget). Dinasehatinlah pemuda Thai ini sama si ibu petugas terus kata si bule "Its okay" si ibu langsung menjerit "No No No" busyet galak juga nih🤣. Akhirnya si cowok Thai pindah ke tempat duduknya yang bener dan si bule pindah di samping gw. 


Beres masalah tempat duduk, si Ibu kondektur ngoceh lagi pake bahasa Thailand (padahal di bus itu ada banyak bule juga). Yang gw denger pokoknya cuma khaap saikaap cangcicai (jadi pengen belajar bahasa Thai). Beberapa orang lokal merespon omongan si Ibu nyebutin Sukhumvit, Bang La dsb. Insting gw si ibu nanya ada penumpang yang mau turun di tengah jalan apa kagak, gitu kali yak. Gw sama si cewek syantik dan syeksi tadi pun lirik-lirikan ketawa kocak lagi. 

Karena capek banget ga berasa gw ketiduran di dalem bus beberapa kali (mudah-mudahan ga pake ngorok). Rasanya lamaaaaa banget padahal jalanan lancar dan bis jalannya cepet. Gw cek di maps, estimasi waktu sekitar 3 jam sampe terminal bis. Gw cek di maps, dari terminal bis Pattaya ke hotel naik Grab kena 200 Baht. Pas di maps, gw baru ngeh waktu itu gw lagi ada di daerah Sukhumvit Road dan penginapan gw ga jauh dari situ. Kebeneran ada penumpang yang turun di Sukhumvit, gw ikut-ikutan turun aja dan alhamdulillah keputusan itu tepat. Gw tinggal jalan 11 menit dari tempat gw turun ke penginapan, lumayan irit 200 Baht.

Di gang masuk penginapan gw digonggongin anjing kenceng banget sampe gw mules ketakutan kwkwkwkwkw. Mana sampe mengaum-ngaum gitu, ga taunya dia manggil seorang temennya di seberang jalan yang mau gw lewatin. Temennya dateng setengah lari duh ammpus gimana nih, ya Allah lindungi hamba ya Allah dan ternyata penginapan gw pas di samping kanan langsunglah gw masuk ke sana. Kayaknya anjingnya cuma mau ngetes dan kenalan aja soalnya pas besok gw lewat situ lagi dia udah cuek aja, padahal gw udah ngeluarin payung buat senjata😂. 

Sampe di penginapan, gw diajak ngemeng Bahasa Thai lagi sama resepsionisnya (ibu-ibu). Gw bilang gw dari Indonesia, mau cek in ke kamar. Ternyata urusan cek in tidak semulus yang gw kira. Karena gw sampe sana jam 10 malem, petugas reguler udah pulang. Si Ibu ini bilang gw belom bayar kamar 9no paid no paid) gitu katanya. Gw jelasin gw udah bayar ini buktinya. Katanya ga bisa karena dalam Bahasa Indonesia dan bayar pake rupiah. Ahelah gw akhirnya bilang gw mau telepon cs Traveloka biar bisa bantu terus akhirnya dia telepon temennya dan alhamdulillah gw bisa cek in akhirnya.

Tips dari gw, kalo cek in hotel (tergantung hotelnya juga sih, hotel pertama gw di Pattaya ga terlalu gede karena gw emang nyari yang paling deket dari terminal bis) sebisa mungkin print bukti pemesanan dan pembayaran juga biar ga kejadian kayak gw. 

1 comment:

  1. Jackpot city council approves sportsbook, online sports
    Jackpot city council 평택 출장안마 approved $1.1 billion sportsbook launch and expects to 안동 출장마사지 receive to have a full casino, slot machine, poker, 속초 출장샵 and 고양 출장샵 other games with 남원 출장안마

    ReplyDelete