Sunday, January 6, 2019

Review Bus Hiba Depok-Bandara Internasional Soekarno-Hatta

Sesuai dengan saran yang diberikan oleh Irina, akhirnya gw naik bus Hiba dari Depok untuk ke Bandara Soekarno Hatta. Dari rumah gw naik angkot dulu ke stasiun Bojonggede terus naik kereta Commuter Line jurusan Bogor-Angke lalu turun di Stasiun Depok Baru dengan tarif Rp 13ribu. Selanjutnya gw keluar dari peron Jakarta ke arah ITC (sesuai informasi Irina, tempat ngetem bus pindah tempat karena Terminal Depok lagi dalam tahap renovasi. Biasanya dari pintu keluar stasiun, gw harus jalan sekitar 7 menit untuk naik bus di Terminal Depok. Alhamdulillah karena lagi direnovasi, gw cukup jalan sekitar 2 menit langsung sampe di pangkalan Bus Hiba.



Sebelum naik, gw pergi ke loket penjualan tiket bus Hiba yang ada tepat di seberang tempat bus mangkal. Ditanya beberapa pertanyaan: "Terminal berapa Bang?" 2D; "Penerbangan jam?" 9.45; "Atas nama?" Handy. Kalo ditanya sama petugasnya jawab aja dengan jujur ya, jangan ge-er apalagi baper, petugasnya bukan pengen ikut pergi sama lw atau kenalan kok, tapi data itu digunakan untuk memperkirakan waktu keberangkatan bus sehingga apakah bisa kekejar atau ngga penerbangan kita dengan naik bus Hiba dan juga untuk data yang nantinya tertera di tiket seperti penampakan di bawah ini.



Oya selain beli di loket, tiket juga bisa dibayar di atas bus. Harganya sama kok, Rp 60ribu. Jadi kalo lw kesiangan dan mepet bus udah mau berangkat, ga usah repot-repot beli tiket ke loket ya, langsung naik aja gapapa. Setau gw, bus berangkat setiap jam dengan jadwal bus pertama jam 2 pagi. Gw naik bus jam 5.15 jadi gw pikir jam 6-an berangkatnya. Eh di saat gw lagi memejamkan mata tiba-tiba bis goyang-goyang, ternyata sebelum jam 7 pagi, bus berangkat setiap 30 menit sekali. Sebelum berangkat, penumpang diabsen dulu sama abang-abang kondekturnya (jadi nostalgia ke jaman SMA) 😂. Setelah dipastikan semua penumpang hadir dan terangkut, tepat jam 5.30 bus meninggalkan kota Depok menuju Bandara Soetta.

Kondisi bagian dalam bus rapi, bersih dan nyaman. AC-nya juga dingin banget, sampe-sampe gw masih menggigil padahal udah turun 30 menit dari bus (dasar kamfungan) kwkwkwkwkwk 🤣. Rute perjalanan lewat tol Cijago yang baru gw sadari ternyata eta teh sarua keneh dengan jalur tol Jagorawi (rute yang gw hindarin makanya gw ga naik Damri dari Cibinong karena macetnya ampunnn). Dan sesuai dugaan gw, macettt (untung berangkat pagi) tapi alhamdulillah ga panjang macetnya cuma sampe Lenteng Agung kayaknya selebihnya lancar. Tanpa terasa akhirnya gw udah sampe di are Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan tepat jam 7 gw sampe di terminal 2D.

Jadi kesimpulannya, berdasarkan pengalaman gw pribadi, moda transportasi bus Hiba top banget dan mungkin kalo ke Soetta lagi gw bakalan naik bus ini lagi. Semoga kualitas pelayanan dan kualitas bus yang udah bagus ini bisa dipertahankan atau bahkan ditingkatkan (misalnya sediain sarapan nasi uduk buat penumpang, naikin harga goceng gapapa kalo dapet sarapan nasduk) 😂.

1 comment: